Beretikalah Saat Ada Panggilan Sampai Menghadap Interview

Ini adalah saat  yang ditunggu-tunggu para pelamar pekerjaan yaitu dapat panggilan untuk interview dengan HRD. Di sinilah Anda perlihatkan etika yang benar saat interview, agar Anda sangat berkesan di mata HRD. Sebenarnya etika yang paling awal untuk ditonjolkan adalah pada saat awal atau tahap rekrutmen. Bagaimana cara Anda berkomunikasi lisan ataupun tulisan? 

Berikut ini adalah Etika Saat Menghadap Interview:

1. Memberikan jawaban yang tepat, cepat, teliti dan hati-hati

Pemanggilan wawancara/interview di kantor dimana Anda melamar diterima, apabila Anda sudah yakin dan sesuai dengan Anda harapkan. Selain itu Anda dapat menghadiri wawancaranya pada waktu yang sudah ditentukan oleh HRD. Kemudian yang jadi pertimbangan penting adalah jarak tempuh dan factor-faktor lainnya. Intinya Anda jangan tergesah-gesah dalam mengambil keputusan.

Panggilan interview diterima jika kamu yakin pekerjaan itu cocok buat kamu dan dapat menghadiri wawancara di waktu yang telah ditentukan. Kamu harus mempertimbangkan jarak yang ditempuh menuju tempat wawancara dengan tempat tinggal kamu, jika kamu sedang bekerja maka selain mengambil cuti perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor lain.

2. Tanggapi panggilan interview melalui telepon/WhatsApp

Ucapkanlah  terimakasih kepada HRD yang sudah memberikan Anda kesempatan untuk diinterview.  Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Jika Anda berhalangan hadir pada jadwal yang sudah ditentukan karena satu lain hal, maka sesegara mungkin infokan hal ini kepada HDR agar bisa dikasih solusi untuk interview di waktu yang lain. Apabila semua sudah disepakati, tugas Anda adalah menjaga kepercayaan dan kesempatan yang sudah diberikan dengan cara datang tepat waktu pada jadwal interview yang sudah disepakati.

Semoga semuanya lancar. Semoga berhasil dan sukses selalu.