5 Tips Untuk Menghadapi Masalah-masalah di Tempat Kerja Kita

Suatu hal yang tidak bias kita hindari adalah masalah. Karena masalah-demi masalah akan selalu kita jumpai, bahkan di tempat kerja kita sekalipun. Jadi jangan biarkan masalah yang begitu saja, jika hal ini terjadi di lingkungan atau di tempat kerja. Menerima dan menghadapi masalah adalah tindakan yang tepat untuk menyelesaikan semuanya. Sekali lagi jangan pernah lari dari masalah sekecil apapun itu.

Semoga 5 tips di bawah ini bias membantu dan menjadi jalan keluar untuk masalah yang dihadapi. Yuk, simak satu per satu tips di bawah ini: 

1. Positif Thinking



Dalam kondisi apapun atau masalah sekecil apapun melanda di tempat kerja kita, hal yang patut kita kedepankan adalah selalu positif thinking, entah itu melalui perbuatan atau pikiran. Karena dengan cara ini kita akan jauh lebih tenang dan tetap tegar untuk menerjang masalah yang ada di depan. 

Silahkan coba diterapkan untuk berbagai macam masalah di mana kita bekerja. Umpanya kita menerima putusan yang salah dari atas kita. Inga tapa yang harus dilakukan? Yaitu tetap positif thinking dan lapang dada untuk menerima semuanya.

2: Jangan ke kiri atau kanan (carilah jalan tengah)

Jika kita sering menghadapi masalah dengan teman kerja, terapkanlah cara ini. Karena dapat dipastikan akan berdampak sangat buruk jika dibiarkan. Baik itu disebabkan karena masalah personal ataupun atas nama professional.

Untuk menerapkan cara ini, ajaklah rekan kerja kita yang sedang bermasalah dengan kita. Ingat…! Setiap tindakan yang kita lakukan harus dengan hati yang tenang dan kepala yang dingin. Tujuannya agar jalan tengah bisa didapat dan masalah clear. 

3: Mencari penyebabnya

Setiap masalah pasti ada penyebanya. Maka dari itu carilah penyebab dari inti permalahan yang terjadi. Karena dengan cara ini masalah sebesar apapun akan bisa terselesaikan.

Penyebab permasalahan sangat beragam. Jadi kita harus jeli melihat penyebabnya. Tentunya proses pencarian ini memakan waktu yang cukup lama. Tetap tenang dan sabar untuk mencari penyebabnya.

4: Harus peka dengan keadaan/masalah yang terjadi.


Sebelum mengidentifikasi permasalahan yang terjadi kepada orang lain, terlebih dahulu sadari apakah kita sendiri penyebab masalah itu? Hal ini sangatlah penting dan merupakan tindakan yang sangat baik dan tidak semua orang bisa melakukannya. Karena ini merupakan pengakuan diri terhadap apa sudah terjadi di lingkungan kerja kita.

Bersedia menerima kritikan atau pernyataan dari rekan kerja baik itu positif ataupun negatif. Karena dengan cara inilah kita bisa memastikan, apakah kita biang keroknya atau bukan.  

5: Jangan selesaikan masalah sendirian


Menyangkut permasalahan di tempat kerja, tentunya tidak bisa diselesaikan sendirian. Biasanya permasalahan di tempat kerja sangatlah kompleks. Jadi tidak ada salahnnya kita meminta bantunnya orang lain untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Apalagi permasalah terjadi dengan rekan kerja, maka sangat penting pihak ketiga ikut andil di dalamya. Pihak ketiga ini sebagai penengah atas masalah yang terjadi.

Kesimpulannya: 

Jangann bodoh amat terhadap masalah yang terjadi. Jadilah orang yang bijak untuk setiap masalah

Semoga artikel singkat ini dapat menjadi solusi untuk masalah yang terjadi di tempat kerja kita